Resep Roti Jabrik

Resep Roti Jabrik

 BAHAN-BAHAN   Andika Shelly S
  • 200 gr terigu protein tinggi
  • 50 gr terigu protein sedang
  • 1 sdm maizena
  • 1 butir telur ukuran besar
  • 3 sdm penuh gula pasir
  • 1/2 sachet susu bubuk
  • 1/2 sachet ragi instan (sekitar 5-6 gr)
  • 110-120 ml air (saya campur susu UHT)
  • 35-40 gr margarin


 CARA MEMBUAT
  1. Campurkan bahan-bahan kering: terigu, maizena, susu bubuk, ragi, aduk rata. Larutkan gula dalam air, lalu campurkan dengan telur dan bahan-bahan keringnya, uleni hingga setengah kalis.
    Roti Jabrik langkah memasak 1 fotoRoti Jabrik langkah memasak 1 foto
  2. Tambahkan margarin dan garam, uleni lagi hingga kalis elastis. Jika dibentangnya membentuk lapisan tipis. Saya pakai bantuan mixer tangan.
    Roti Jabrik langkah memasak 2 fotoRoti Jabrik langkah memasak 2 fotoRoti Jabrik langkah memasak 2 foto
  3. Bulatkan adonan, tutup sekitar 40 menit dengan wrap atau serbet bersih yang sedikit dibasahi hingga mengembang 2x lipat. Bagi-bagi adonan, tipiskan lalu beri isian, bulatkan lagi. Isiannya lebih enak pake krim keju (ada di resep saya) tapi nggak sempat bikinnya. Jadi saya sekarang pakai coklat crunchy saja.
    Roti Jabrik langkah memasak 3 fotoRoti Jabrik langkah memasak 3 fotoRoti Jabrik langkah memasak 3 foto
  4. Proofing lagi dengan ditutup wrap atau serbet sekitar 30-40 menit lagi hingga mengembang. Selanjutnya untuk versi roti: oles dengan susu UHT+madu, lalu panggang sekitar 15-20 menit dengan suhu 170℃ (sesuaikan dengan karakter oven masing-masing). Sebelumnya oven dipanaskan sekitar 10 menit
    Roti Jabrik langkah memasak 4 fotoRoti Jabrik langkah memasak 4 foto
  5. Untuk versi donat, goreng dengan api kecil, 1x balik saja agar tidak menyerap minyak banyak. White ringnya keliatan kan.
    Roti Jabrik langkah memasak 5 fotoRoti Jabrik langkah memasak 5 foto
  6. Parut keju dengan posisi memanjang. Olesi roti dengan krim keju atau butter cream keju (resep juga ada di list saya), lalu beri toping dengan parutan kejunya
    Roti Jabrik langkah memasak 6 fotoRoti Jabrik langkah memasak 6 fotoRoti Jabrik langkah memasak 6 foto
  7. Siap disajikan. Klo menurut saya, lebih enak yang versi donat, lembut dan empuk sekali sampai besoknya. Yang roti jadi agak kering menurut saya. Mungkin saya manggangnya yang kelamaan, sampai hampir 30 menit biar atasnya agak coklat..😅 Kebetulan oven saya suhunya kadang suka ngga pas. Jadi sesuaikan oven masing-masing yah.
    Roti Jabrik langkah memasak 7 fotoRoti Jabrik langkah memasak 7 fotoRoti Jabrik langkah memasak 7 foto
~ Selamat Mencoba ~

Mau donasi lewat mana?

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan resep ini? Ayo dukung dengan donasi. Klik tombol merah.